keuntungan koperasi syariah
koperasi

Keuntungan dan Kelebihan Koperasi Syariah

Maret 7, 2018 By 1 Comment

Keuntungan Koperasi Syariah :

1. Berperan serta aktif ikut memerangi riba

2. Memberikan solusi & membantu kaum muslimin yang membutuhkan untuk berlepas diri dari jebakan riba.

3. Mendapatkan keuntungan dari bagi hasil SHU tiap tahun jika koperasi mendapatkan untung. Demikian sebaliknya.

4. Bagi anggota koperasi insya Allah pembagian keuntungan SHU hingga 3 lapis, yakni :

  • sebagai anggota (aktif atau kurang aktif)
  • sebagai partisiasi anggota aktif
  • sebagai marketing koperasi (penjamin perantara)

5. Persentase margin bagi hasil koperasi syaiah arrahmah dapat bersaing bahkan persentase bagi hasil SHU yang kami bagikan periode tahun 2012 – 2015 melebihi deposito tahunan di perbankan insya Allah.

6. Ikut membantu dakwah karena sebagian dari keuntungan koperasi akan digunakan untuk kegiatan dakwah dan sosial melalui Yayasan Al-Umm.

Semoga Allah memberkahi dan melipatgandakan harta anda karena diinvestasikan secara halal.

manfaat koperasi 212

Manfaat Koperasi Syariah

  • Bersama – sama membangun kekuatan ekonomi ummat berdasarkan prinsip syariah
  • Mampu memobilisasi dana dalam skala yang besar dan nasional
  • Mamapu melakukan investasi di sektor – sektor yang strategis seperti:
    • Jaringan minimarket dan waralaba,
    • Pabrik makanan/minuman dan kebutuhan pokok dalam skala nasional
    • Lembaga Keuangan Syariah
    • TV dan media berskala nasional
    • Usaha produktif ummat lainnya.
  • Mendapatkan keuntungan berupa sisa hasil usaha (SHU)
  • Dapat membangun jaringan usaha (business networking)

Koperasi syariah dijalankan berpedoman pada hukum-hukum syariah,sehingga menjamin kemaslahatan dalam kegiatannya. Koperasi syariah harus dijalankan oleh oranng orang yang mengerti ekonomi syariah dan dapat menyampaikan ilmu-ilmunya kepada masyarakat sebagai anggota koperasi, sehingga masyarakat mengerti keunggulan bertransaksi di koperaasi syariah, dan memilih koperasi syariah dari pada di lembaga ekonomi yang bersistim kapitalis untuk melakukan kegiatan ekonomi. Ketika koperasi dijalankan sesuai jati dirinya ia akan tumbuh dan mencapai tujuannya, seperti jika kita analogikan ketika kita ingin memasak makanan yang kita sukai, kita perlu bumbu dan cara khusus untuk mendapatkan hasil yang sesuai selera, sesuai dengan apa yang kita inginkan, begitu pun koperasi.

Oleh karena itu,mari kita gunakan sistem syariah yang lebih halal serta tidak ada penzaliman antar kedua belah pihak,dan dengan tegas kita katakan untuk tidak menggunakan sistem kapitalis yang telah menghancurkan dunia keuangan,baik lembaga uang non bank,atau perbankan itu sendiri.

Perkembangan koperasi di Indonesia yang sangat tidak membahagiakan belakangan ini justru diwarnai dengan perkembangan koperasi dengan sistem syariah. Koperasi syariah justru berkembang ditengah ribuan koperasi di Indonesia yang terhenti usahanya. Sebab, hingga kini ternyata sudah ada 3000 koperasi syariah di Indonesia yang mampu menghidupi 920 ribu unit usaha kecil.

Mungkin fenomena itu menjadi sesuatu yang mencengangkan. Sebab ditengah pesimisme masyarakat terhadap kemampuan koperasi, koperasi syariah justru mulai menunjukkan eksistensinya, meskipun belum banyak dikenal masyarakat luas. Namun ditengah kondisi masyarakat yang menyangsikan koperasi syariah tersebut, ada harapan besar bagi koperasi syariah untuk tumbuh dan berkembang. Sebab cara kerja koperasi yang mengedepankan asas kebersamaan dan keadilan, koperasi syariah menjadi unit usaha yang berprespektif. Sebab unit usaha yang dibangun dengan sistem syariah selama ini, nampaknya mulai menjadi lirikan masyarakat.

Ditengah perkembangan masyarakat muslim yang mulai sadar dan membutuhkan pengelolaan syariah, nampaknya menjadi lahan subur bagi koperasi syariah untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga manfaat berganda dari pengelolaan koperasi syariah bagi para anggota dan pengelolanya.

Semoga bermanfaat dan membantu anda, terima kasih.



About the Author

admin: Koperasi adalah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama secara Syariah Islam.


1 Comment on "Keuntungan dan Kelebihan Koperasi Syariah"

  1. […] https://kopsyahmtb.com/keuntungan-kelebihan-koperasi-syariah/ […]


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tinggalkan Balasan