Pasar Muslim dalam Dunia Digital Sangat Menjanjikan

Oktober 25, 2018 By 0 Comments

Seiring dengan meningkatnya potensi pasar Muslim di Asia, saat ini asia menjadi pasar yang menjanjikan bagi produk dan layanan yang menyasar konsumen muslim.

Statista memperkirakan jumlah pasar muslim bernilai 2 Milliar USD di tahun 2016 dan akan meningkat jadi 3,1 Miliar USD pada tahun 2022.

Sektor apa saja yang berkembang bagi pasar muslim?

1. Finansial

Islamic FinTech merupakan produk finansial yang berbasiskan hukum syariah, pada tahun 2022 pasar islamic fintech diprediksi mencapai 2,5 Miliar USD.

2. Makanan & Rekreasi

Pernah mengalami kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan halal saat bepergian ke luar negeri? beberapa Startup di asia contohnya HalalTrip, telah memecahkan permasalahan ini dengan membuat aplikasi panduan pariwisata halan untuk para wisatawan muslim

3. Fashion

Modest fashion merupakan salah satu jenis mode yang bersifat lebih tertutup dan umumnya digemari oleh para hijabers, menjawab kebutuhan ini, beberapa startup seperti Hijup, memfokuskan lini bisnisnya ke produk pakaian khusus wanita muslim.

4. Aplikasi Religius

Salah satu aplikasi religius yang berkembang pesat adalah MuslimPro, yang membantu umat muslim beribadah, dengan memberikan informasi waktu salat dan arah kiblat, memungkinkan kamu membaca Al-Quran dan doa harian serta lain sebagainya.

Peluang pasar muslim di Asia

Beberapa tahun berselang sejak 2016, startup di Indonesia dan Asia pun semakin melirik peluang di ranah ini. Namun, seperti bisnis lainnya, memasuki pasar muslim tentu memerlukan banyak strategi untuk menghadapi berbagai tantangan di depan. Mashable bahkan menyebutkan bahwa beragamnya komunitas muslim merupakan salah satu tantanganyang dihadapi oleh para pemain di bisnis ini.

Bagaimana menurut kamu?